Bahaya Tramadol, Obat Anti Nyeri Yang Sudah Banyak Di Salah Gunakan


Tramadol sejatinya merupakan obat dari golongan alagesik opiate, Obat ini bermanfaat untuk dapat mengatasi nyeri dengan tingkat yang sedang dan berat.
Penggunaan tramadol biasanya di berikan pada pasien pasien yang sudah menjalani operasi, untuk mengatasi nyeri saraf, jatuh akibat kecelakaan, keseleo parah dll.
Pemakaian obat ini pun harus di resepkan.
Obat tramadol ini sejatinya bermanfaat untuk kesehatan, Namun dewasa ini pemakaian obat tramadol tanpa resep dokter semakin merebak terlebih lagi di kalangan para kaula muda yang banyak menggunakan obat ini untuk mabuk mabukan karena efeknya
bisa menenangkan, membuat fly.
Tanpa pengawasan dokter obat ini akan menjadi racun bagi siapa saja yang
mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang cukup lama.
Tramadol yang di konsumsi memang tidak menimbulkan efek kecanduan pada obatnya seperti pada obat terlarang namun karena tidak memiliki efek kecanduan ini lah obat tramadol bisa membuat kecanduan dari sifat penggunanya yang merasa obat ini tidak
membahayakan karena tidak menimbulkan kecanduan seperti obat terlarang lainnya, sehingga penggunaannya bisa berlangsung lama akibat dari sifat penggunanya yang merasa bebas tidak terberatkan dengan efek kecanduan dari obat itu sendiri.
Ambang batas penggunaan tramadol setiap harinya adalah tidak lebih dari 400 mg
sementara untuk usia 75 tahun ke atas tidak lebih dari 300 mg , Obat ini pun tidak di rekomendasikan untuk di berikan pada anak dibawah usia 17 an karena dapat menyebabkan efek samping yang parah.
Namun sayangnya penyalahgunaan obat tramadol ini lebih banyak di salah gunakan pada anak usia 17 an dimana memiliki tingkat resiko efek samping yang sangat tinggi.
Lantas kerusakan apa saja yang bisa di sebabkan karena penggunaan tramadol yang di salah gunakan? berikut merupakan efek samping tramadol :
Pusing dan limbung, Lelah dan mengantuk, Mual dan muntah, Muntah darah, Konstipasi dan sulit buang air kecil, Mulut kering, Perut kembung, Diare, lambung rusak, menurunnya daya ingat, fungsi sosial terganggu dan intelektual menurun serta berbagai kerusakan pada saraf pusat lainnya.
Dalam kondisi tertentu, tramadol dapat menyebabkan efek samping serius bagi anak-anak usia di bawah 17 tahun, seperti kesulitan bernapas, napas menjadi lebih lambat,
linglung, atau kesulitan tidur.
Disarankan untuk segera menghubungi dokter apabila terjadi hal-hal berikut setelah menggunakan tramadol:
Kejang, Sakit kepala yang hebat, Kesulitan bernapas, Nafsu makan menurun.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar

Popular Posts