Memahami Batu Akik Masakan (Sintetis dan Imitasi)

Memahami Batu Akik Masakan (Sintetis dan Imitasi)


Batu SINTETIS :
Batu Sintetis adalah duplikat dari batu natural karena memiliki komposisi kimia yang persis sama, kekerasannya juga sama persis. Perbedaannya dengan Batu Natural adalah pembuatnya. Batu Natural dibuat oleh alam dengan waktu yang sangat lama sedangkan Batu Sintetic dibuat oleh manusia di laboratorium. Laboratorium yang terkenal membuat batuan sintetis adalah CHATAM di Amerika. 

Sebagai contoh adalah batu zamrud asli yang warnanya pucat, bagian belakangnya ditempelkan dengan batu sintetis hijau tua. Cara ini menghasilkan warna batu zamrud siberia yang dikenal harganya mahal. Safir Star yang warnanya putih ditempelkan dengan batu sintetis warna merah atau biru sehingga jadilah blue safir star atau ruby star. Jika sudah dipasang Ring (iketan) tentu saja batu tersebut hampir sama tampilannya dengan yang asli dan mengecoh kita. Di Australia batu opal yang tipis ditempel dengan batuan sejenis quartz sehingga warna dan kembangnya lebih menarik, produk ini diberi nama opal doublet/triplet. Batuan yg ditempel ini biasa disebut dengan Batu Komposit.

Cara lain pemrosesan Batu sintetis adalah mengambil bahan kimia/ mineral dari batu aslinya. Misalnya batu intan/diamond dengan struktur kimianya C (karbon), dipanaskan dalam jangka waktu tertentu dengan mesin ber-suhu 1500 degree celcius, dan dengan tekanan 10000 atm, maka akan semakin keras sampai tingkat kekerasan 10 scala mohs. Struktur kimia-nya (C/Karbon) akan sama, dan berat-nya (Carats) pun sama. Bedanya ada pada seratnya (ciri visualnya). Diamond Natural seratnya cenderung melengkung dan kemulusannya agak kurang sedangkan sedangkan yg sintetis garis seratnya cenderung lurus dan tingkat kejernihannya nyaris tanpa cacat. Contohnya adalah american star yg awalnya ingin menjiplak buatan alam yaitu ruby natural, jika didekatkan kemudian dibandingkan akan terlihat jelas perbedaan star-nya. 


Batu IMITASI :
Kalau Batu Imitasi berbeda sama sekali dengan yang Asli (Natural), batu ini hanya tiruan saja. Misalnya meniru warnanya. Kadang-kadang juga terbuat dari plastik atau kaca. Dipasaran orang sering menyebut batu ini dengan imitasi/palsu karena memang benar 100% palsu. Dinilai dari kekerasan sampai dengan bahan kimia, struktur mineralnya sama sekali tidak sama dengan yang asli.

Misalnya ruby yang kita kenal mengandung ALUMINIUM OXIDE (Al2O3), akan diganti dengan kaca/porselen/keramik. Pedagang yang nakal biasanya membohongi pembeli dengan menyebut ini sebagai biduri sepah, ini blue safir, padahal sejatinya hanyalah sebuah kaca/keramik saja.

Banyak sekali orang terkecoh antara batu permata/batu Mulia / Batu Akik Palsu dan Asli, Berikut Cara Mudah Membedakan Batu Mulia asli atau Palsu :

  • Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat.
  • Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa batu anda itu asli.
  • Berat. Coba bandingkanlah batu asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu. tetapi ada juga yang palsu lebih berat sekarang ini. 
  • Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.
  • Cara mudah Untuk Mutiara, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.
  • Jika Batu Mulia/akik punya anda sendiri anda bisa menyundutnya dengan Rokok (membakarnya dengan korek api sebentar saja) ada bisa lihat perubahan pada batu anda jika batu tersebut palsu. 
  • Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.
  • Artikel 1 ane Bold kalimat
    Sintetis garis seratnya cenderung lurus dan tingkat kejernihannya nyaris tanpa cacat
  • Artikel 2 ane Bold kalimat
    Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat
  • Cara Paling Mudah Adalah dengan menggesekan dengan batu asli ..jika muncul api maka di Pastikan Asli...Jika salah satu atau keduanya palsu tidak akan muncul percikan api ( tapi cara ini dapat menggores batu )
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar

Popular Posts