Ingin Terhindar Macet di Jalur Puncak? Gunakan Saja Jalur Alternatif Ini

CIAWI - Kemacetan menjadi kendala perjalanan bagi para pengendara yang akan menuju Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Namun tak perlu khawatir, sebab masih ada jalur jalan alternatif yang bisa dilalui.
Bila berangkat dari Jakarta, Anda keluar di Gerbang Tol (GT) Ciawi lalu menuju ke Simpang Ciawi.

Setibanya di Simpang Ciawi, belok kiri mengarah ke Simpang Gadog.
Sebelum tiba di Simpang Gadog, Anda akan menemui pertigaan lalu belok kanan menuju Jalan Pertanian, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Tepat di pertigaannya terdapat marka jalan bertuliskan "Jalur alternatif Taman Safari Puncak".
Pengguna kendaraan tinggal mengikuti jalan tersebut hingga memasuki wilayah Kecamatan Megamendung.
Ada beberapa pertigaan yang akan dilalui, namun petunjuk jalan menuju Puncak tersedia di tiap persimpangan.
Jalur alternatif ini melalui dua kecamatan, yakni Kecamatan Megamendung dan Kecamatan Cisarua.
Pengendara bisa keluar di daerah Lembah Nyiur, Pasar Cisarua atau Citeko.
Bila ingin keluar di dekat Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Anda bisa kembali mengambil jalur alternatif, namun kondisi jalannya masih rusak.

Jalannya masih berbatu dan kondisi penerangan jalan juga masih minim.
Panjang jalan alternatif ini sekitar 15 kilometer.
Butuh waktu satu hingga satu jam 30 menit untuk tiba ke kawasan Puncak.

Yang harus diperhatikan saat melalui jalur alternatif ini adalah luas jalannya tidak terlalu lebar.
Bila dua mobil berpapasan berlawanan arah, harus menurunkan kecepatan.
Lalu, kondisi jalur juga berkelok-kelok.
Beberapa tanjakan tajam juga ditemui di beberapa titik.
Anda juga bisa menggunakan jasa para penunjuk jalan alternatif yang ada di Simpang Jalan Pertanian, jalan masuk menuju jalur alternatif.