alat musik gesek betawi Kong'ahyan Tehyan dan Sukong

Kong’ahyan, Tehyan, dan Sukong adalah alat musik tradisional Betawi (Jakarta). Alat musik ini berasal dari China yang dibawa keturunan Thiong Hua yang dahulu menetap atau singgah di Indonesia. Kebanyakan orang yang melihat alat gesek ini, yang biasa digunakan dalam kesenian gambang kromong, lenong dan ondel-ondel lebih mengenal alat musik ini dengan sebutan tehyan. Padahal yang digunakan itu adalah Kong’ahyan.


Apa yang membedakan Kong’ahyan, Tehyan dan Sukong?
Ø  Kong’ahyan mempunyai ukuran tempurung(batok) kelapa yang berukuran kecil dengan nada dasar D yang ( disebut sebagai melodi )
Ø  Tehyan mempunyai ukuran tempurung(batok) kelapa berukuran sedang dengan nada dasar A ( disebut juga rythem )
Ø  Sukong mempunyai ukuran tempurung(batok) kelapa yang berukuran paling besar dengan nada dasar G ( disebut juga sebagai bass )
 
Saat ini kebanyakan kita temui di acara-acara panggung kesenian gambang kromong, lenong  dan ondel-ondel adalah Kong’ahyan, tapi orang-orang lebih mengenal dengan sebutan tehyan.  Sedangkan tehyan dan sukong kita hanya bisa menjumpai didaerah betawi pinggiran yaitu daerah taggerang karena disana masih ada seniman-seniman yang menggunakan 3 alat musik itu dalam kesenian gambang kromong.
Previous Post
Next Post

Popular Posts