Mengatasi Motor Matic Mogok Karena Banjir

mogok
motor matic mogok karena banjir
Musim banjir telah tiba sudah bukan musim hujan lagi hehe. Bagi para pengendara sepeda motor harus berhati-hati saat menerjang banjir karena apabila kita nekat menerjang banjir bisa-bisa motor kita kewalahan dan akhirnya mogok, kalau sudah mogok bagaimana? bingung, panik, di bawa ke bengkel tidak ada bengkel akhirnya dorong deh sampai nggak bisa jalan lagi.

Nah, bagi yang sudah terkena dampak banjir akibat menerjang banjir alias mogok saya punya sedikit tips untuk sepeda motor matic. Karena motor jenis ini sangat mudah sekali untuk mogok karena tidak mampu melawan banjir.
Berikut tipsnya :

  • Buang air yang masuk kedalam knalpot dengan cara minta tolong teman untuk mengangkat roda depan, Dengan begini maka air yang masuk ke badan knalpot akan segera keluar. Sebenarnya di knalpot itu sendiri ada lubang pembuangan air namun kecil jadi tidak seimbang dengan masuknya air dan itu membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu air keluar.
  • Di dalam filter juga terdapat air, buang air dengan caranya cukup cabut selang buntu yang ada di filter maka air akan mengalir keluar. Kalau filter sudah kemasukan air otomatis masuk ke karter, kalau sudah sampai rumah harus langsung ganti oli karena oli sudah tercampur air dan warnanyapun sudah seperti susu
  • Dan yang terakhir ruang CVT, apabila CVT kemasukan air maka bisa jadi motor menyala namun tidak ada tenaga untuk menggerakkan roda. Hal ini dikarenakan air masuk ke dalam kompartemen CVT dan kemudian memperberat perputaran drive pulley dan driven pulley. mesin tetap nyala dan berputar hanya pulley tidak bisa bergerak untuk mentransmisikan tenaga mesin. Cara membuang airnya adalah dengan mencabut salah satu sumbatan karet di saluran pembuangan.
Demikian tips yang sangat sederhana semoga bisa membantu anda yang motornya sedang mogok. Sekali lagi hati-hati di jalan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar

Popular Posts