merawat musang pandan

merawat musang pandan
cara memelihara musang pandan sangat amat mudah. Hanya dibutuhkan ketelatenan dalam memeliharanya. Berikut adalah beberapa tips cara memelihara musang pandan:

  1. Musang pandan yang dipelihara biasanya diberi makan buah-buahan (pepaya, pisang), nasi + kecap, catfood/dogfood. Namun kebanyakan owner musang pandan memberikan nasi + kecap sebagai makanan utama atau kepala ayam rebus. Untuk minuman sendiri, anda bisa memberi air mineral atau air gula pasir kepada musang anda.
  2. Untuk pemberian makanan hendaknya diselang seling untuk menghindari kebosanan. Pemberian buah-buahan seperti pisang dan pepaya wajib dilakukan minimal seminggu sekali agar pencernaan musang tetap terjaga.
  3. Musang juga wajib dimandikan minimal seminggu sekali dan kandangnya harus dibersihkan minimal 2 hari sekali. Jangan membiarkan kandang musang kotor karena bisa menyebabkan bulu musang rontok, musang menjadi sakit, dan menimbulkan penyakit kulit. Cara memandikan musang bisa dibaca di artikel cara memandikan musang.
  4. Jika sudah panjang, kuku musang juga hendaknya dipotong. Anda bisa membaca tentang cara memotong kuku musang di artikel cara memotong kuku musang.
  5. Musang hendaknya tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Tidak jarang, musang yang mengalami obesitas akan mengalami sudden death (kematian secara mendadak) akibat gagal jantung. Jika musang anda terlalu kurus, anda bisa membaca artikel tentang cara menggemukkan musang.
Perlengkapan untuk memandikan musang:
1. Sampo khusus kucing, bisa dibeli di petshop terdekat. Bisa juga diganti dengan sampo bayi yang tidak pedih di mata.
2. Hair lotion untuk bayi.
3. Air dari keran yang dialirkan selang. Bisa juga menggunakan gayung.
4. Sarung tangan dari bahan kain tebal (jika diperlukan).

Waktu yang tepat untuk memandikan musang:
Waktu yang tepat untuk memandikan musang adalah pagi hari, sekitar jam 7 hingga jam setengah 9 pagi hari. Hal ini karena musang akan dijemur setelah di mandikan. Selain dapat memberikan asupan vitamin D, penjemuran juga berguna untuk membunuh sisa-sisa bakteri dan jamur yang mungkin saja masih tersisa di tubuh musang.

Proses memandikan musang:
1. Lepaskan dasar kandang musang, lalu pindahkan kandang musang ke ruangan tempat memandikan musang.
2. Langsung siram musang di dalam kandang dengan air hingga rata.
3. Tuangkan sedikit sampo kucing ke tangan anda, lalu gosok perlahan ke tubuh musang hingga merata dan berbusa. Jika musang masih galak atau semi jinak, anda bisa menggunakan sarung tangan.
Saya lebih menyarankan anda untuk tidak menggunakan sarung tangan. Hal ini dikarenakan banyak musang yang 'agak sentimen' dengan sarung tangan.
4. Bilas tubuh musang hingga semua sisa sampo bersih, kemudian jemur di terik sinar matahari hingga setengah kering.
5. Setelah setengah kering, pindahkan musang ke tempat teduh, lalu usapkan hair lotion ke tubuhnya hingga merata.
6. Jemur kembali musang kira-kira 5 menit.

CARA MEMOTONG KUKU MUSANG
Alat:
  • Gunting kuku kecil atau gunting kuku bayi.
  • Glove atau sarung tangan dari bahan kain tebal atau kulit.
Proses memotong kuku musang:
1. Mintalah bantuan pada teman atau kerabat anda untuk membantu proses pemotongan kuku ini. Kenakan glove atau sarung tangan dari kain tebal.

2. Keluarkan musang dari kandang. Pegang pangkal ekor musang dengan tangan kiri dan pegang leher musang dengan tangan kanan. Meski musang akan melawan dan berusaha melepaskan diri, usahakan untuk mengeratkan pegangan anda pada leher dan pangkal ekor musang NAMUN jangan sampai menyakiti si musang. Diamkan musang selama beberapa saat hingga ia terlihat tenang.
3. Jika musang sudah mulai tenang dalam pegangan anda, balikkan tubuh musang hingga perutnya menghadap keatas, kemudian mintalah sahabat atau teman anda untuk memotong kukunya satu persatu. Jangan memotong kuku musang terlalu dalam hingga melukai bagian daging di dalam kukunya. Cukup potong bagian yang tajam, beberapa milimeter di bagian bagian paling atas kuku musang. Bagian yang boleh dipotong dan tidak sama halnya dengan cara memotong kuku sugar glider di artikel ini.

4. Jika semua kuku musang sudah dipotong, kembalikan musang ke posisi semula (bagian perut ada dibawah, dan lepaskan musang perlahan-lahan. Diamkan musang beberapa menit di kandangnya agar bisa menenangkan diri, kemudian beri air minum.

Demikian adalah cara memotong kuku musang. Ada baiknya jika anda meminta bantuan kepada teman anda yang sudah berpengalaman dalam memotong kuku musang jika anda baru pertama kali melakukan memotong kuku musang

CARA PENGGEMUKAN MUSANG
1. Pemberian Scott Emulsion dapat memperbaiki nafsu makan dan menambah berat badan musang.
Pemberian Scott Emulsion yang dicampurkan pada bubur bayi dan diberikan setiap malam dapat menambah berat badan musang serta memperbaiki nafsu makannya.

2. Pemberian asupan protein yang cukup kepada musang dapat membantu pembentukan otot-otot musang.
Pemberian asupan protein berlebih kepada musang dapat membentuk otot dan menambah bobot tubuh musang.

3. Atur pola makan dan istirahat yang cukup serta barengi dengan interaksi kepada si musang minimal 40 menit setiap hari.

Patut ditekankan bahwa berat badan yang berlebih tanpa diiringi dengan banyaknya gerak dapat menyebabkan sudden death (mati secara tiba-tiba) bagi si musang. Maka hendaknya, proses penggemukkan tubuh musang dalam tips cara menggemukkan musang ini dapat dilakukan hanya jika musang aktif bergerak. Hentikan proses penggemukkan musang jika musang mulai terlihat malas bergerak.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar

Popular Posts