BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan
maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah
satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan
membeli adalah ketika membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman
pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat
menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli
makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang
terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan
masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang
terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena
itu, roti banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana
dari segi rasa, roti menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak,
dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, roti
mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Berdasarkan fenomena diatas maka sangat cocok dan
potensial bila kami mendirikan usaha jualan roti bakar, dimana dari segi rasa
memenuhi rasa enak, dari segi gizi roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan
oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein dll. Dari segi harga roti
bakar terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
1.1
Visi
-
Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
-
Menjadi salah satu usaha kuliner tersukses di
Jakarta, bahkan Indonesia.
-
Menjadi produsen roti bakar nomor 1 di Indonesia.
1.2 Misi
-
Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang
unik dan menarik.
-
Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat
para pembeli.
-
Memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam
upaya menarik pembeli.
-
Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan
kualitas dan rasa yg memukau.
1.3 Tujuan
Usaha
Menjadi salah
satu usaha kuliner yang sukses di Jakarta dengan omset yang tinggi sehingga
dapat membuka banyak cabang di Indonesia dan menampung banyak karyawan.
BAB 2
RINGKASAN BISNIS
2.1 Profil Usaha
Nama
Usaha : Kedai Roti Bakar
Jenis
Usaha : Kuliner
Alamat Usaha
: Areal Komplek Ruko Taman Palem Jakarta
Barat
Telepon
: 085620042011
2.2 Gambaran Awal Usaha
Usaha ini
merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan meminjam dana
dari Bank sebagai tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini.
Selanjutnya saya akan menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya dan membuat
surat izin usahanya.
BAB 3
PRODUK
3.1 Gambaran Produk
Produk roti
bakar saya berbeda dari roti-roti bakar yang lainnya. Saya mempunyai ide dan
inovasi tersendiri dalam menciptakan menu roti bakar. Saya tidak hanya menjual
roti bakar biasa pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni
roti bakar buah dan roti bakar ice cream. Tidak hanya menjual roti bakar, saya
juga menjual aneka minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, bebagai jenis
kopi, maupun ice cream. Saya harap dengan ide dan inovasi saya dalam menjual
roti bakar, dapat menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan omset
penjualan saya.
3.2 Gambaran Persaingan
Untuk saat
ini saya mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan roti bakar saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan roti bakar dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli roti bakar mereka.
penjualan roti bakar saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan roti bakar dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli roti bakar mereka.
3.3 Gambaran Penjualan
Dalam
pelaksanaannya nanti, saya akan menjual roti bakar ditempat yang strategis,
yakni di Areal Komplek Ruko Taman Palem
Jakarta Barat yang merupakan salah satu tempat yang strategis di
Jakarta. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang
akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan saya agar dalam
pelaksanaannya nanti penjualan roti bakar saya dapat berjalan dengan sukses.
BAB 4
ANALISIS SWOT
1. Strenght
(Kekuatan)
Ø Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha roti bakar yang lainnya yaitu roti bakar buah dan roti bakar ice cream.
Ø Tempatnya strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah
untuk dikunjungi.
Ø Rasanya sangat enak.
Ø Harganya cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
Ø Selai yang digunakan untuk roti bakar berasal dari
buah segar dan tanpa pengawet karena dibuat sendiri.
2. Weakness (Kelemahan)
· Tidak cocok bagi orang yang tidak suka roti, buah,
ataupun ice cream.
· Belum mempunyai cabang.
· Kurang modal untuk memulai usaha.
· Harga bahan baku tidak stabil (dalam pembuatan
selai).
3. Opportunity (Peluang)
Ø Digemari sebagian
besar masyarakat.
Ø Ciri khas menu yaitu roti bakar menjadikan
usaha ini sangat menjanjikan.
Ø Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah
mendatanginya.
Ø Budaya masyarakat yang konsumtif.
4. Threat (Ancaman)
· Banyak saingan diluar sana.
· Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat
menyebabkan kenaikan harga roti bakar yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
· Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah
sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).
BAB 5
PERENCANAAN KEUANGAN
Total biaya
pembangunan usaha Toko Roti Bakar tersebut sebesar Rp 17.750.000,-
dengan rincian sebagai berikut =
1. Biaya Tetap (Fixed
Cost)
-Kontrak Tempat/bulan
Rp 1.000.000,-
-Kursi, meja,
lemari
Rp 5.000.000,-
-Pemanggang
roti 3
unit
Rp 750.000,-
-Kompor gas 3
unit
Rp 1.200.000,-
-Peralatan
memasak
lainnya
Rp 2.500.000,-
-Peralatan
makan-minum
Rp 2.500.000,-
-Kulkas
Rp 1.500.000,-
-Listril,
air,
dll
Rp 300.000,-
-Pembuatan
banner, stiker daftar
harga Rp
50.000,-
Total
Rp 14.800.000,-
2. Biaya Variabel
(Variable Cost) per Bulan
-Roti
Rp 500.000,-
-Aneka macam selai
Rp 300.000,-
-Coklat dan ceres
Rp 300.000,-
-Kacang
Rp 200.000,-
-Keju
Rp 300.000,-
-Pisang
Rp 200.000,-
-Susu
Rp 300.000,-
-Mentega/margarin
Rp 200.000,-
-Aneka macam buah
Rp 300.000,-
-Aneka rasa ice cream
Rp 300.000,-
-Es batu
Rp 150.000,-
-Gas
Rp 300.000,-
-Plastik, kertas roti, sedotan, dll
Rp 250.000,-
Total
Rp 3.500.000,-
3. Total Biaya
(Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 14.800.000,- + Rp 3.500.000,-
TC = Rp 18.300.000,-
4. Daftar Harga
-Harga Roti
Bakar
Buah
= Rp 15.000,-
-Harga Roti
Bakar Es
Krim
= Rp 15.000,-
-Harga Roti
Bakar
Coklat
= Rp 10.000,-
-Harga Roti
Bakar
Keju
= Rp 10.000,-
-Harga Roti
Bakar Coklat Keju =
Rp 13.000,-
-Harga Roti
Bakar Pisang Coklat = Rp
13.000,-
-Harga Roti
Bakar Pisang Keju =
Rp 13.000,-
-Harga Roti
Bakar Coklat Kacang = Rp
13.000,-
-Harga Jus
Buah
= Rp 10.000,-
-Harga Es
Buah
= Rp 13.000,-
-Harga Es
Krim
= Rp 13.000,-
5. Pendapatan
Target penjualan roti bakar per hari
adalah 30 porsi. Waktu berjualan Senin-Minggu. Atau dalam sebulan menjual 600 porsi.
Pendapatan Harian = Rp 10.000,- x
30 = Rp 300.000,-
Pendapatan Bulanan = Rp 300.000,- x
20 = Rp 6.000.000,-
6. Penghitungan Harga
Harga Pokok/Biaya Variabel
= Rp 3.500.000,-
Hpp per Porsi
= Rp 3.500.000,- / 600
= Rp 5.833,- ≈ Rp 6.000,-
Laba yang diinginkan
= Rp 10.000.- ─ Rp 6.000,-
= Rp 4.000,-
7. Analisis
Titik Impas (Break-Event Point)
BEP = Biaya Tetap = Rp
18.300.000,- = 4575 porsi
Profit
Rp 4.000,-
Berarti akan BEP dalam = 4575/600 =
7.625 bulan
SUMBER DANA INVESTASI
Kebutuhan dana dalam
pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman dari bank, yaitu:
Modal sendiri : Rp 9.150.000,00 (50%)
Kredit Bank : Rp 9.150.000,00 (50%)
Total
Rp 18.300.000,00 (100%)
BAB 6
PENUTUP
A. Antisipasi
Masa Depan
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar
para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa roti yang kami
buat. Karena apabila kualitas roti kami tidak kami tingkatkan kemungkinan
besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.
B. Kesimpulan
Menurut kami
usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin
bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh
orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami
sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus
berjuang dan kami sangat membuka kesempatan jika ada yang ingin bekerjasama
dengan kami untuk lebih meningkatkan usaha ini.
0 komentar:
Terima kasih sudah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar