Apa itu Jonggol ? Ada Apa Di Jonggol?

Teman-teman pasti sudah tahu lagunya Sony Wakwaw  yang ada kata-katanya… di jonggol … Apa itu jonggol? Yap, jonggol adalah nama sebuah tempat yang jauh, tetapi asyik untuk jalan-jalan.  Di mana letak  Jonggol dan ada apa dengan Jonggol ?
indoplaces com
Kantor Kecamatan Jonggol, Sumber foto: indoplaces.com
Letak Jonggol
Jonggol adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kalau kita mengukurnya dari Jakarta, letak Jonggol memang terasa sangat jauh. Kalau kita membandingkannya dengan daerah perkotaan yang paling dekat dengan Jonggol, seperti Bekasi, Cikarang, Cibubur, dan Bogor, daerah Jonggol memang masih terasa seperti daerah udik.
Yap, soalnya di Jonggol masih banyak tanah-tanah kosong, masih banyak kebun, masih banyak pepohonan, masih banyak sawah, bukit-bukit masih hijau, dan rumah-rumah masih jarang.
Udaranya terasa adem dan segar, masih banyak pohon buah-buahan seperti rambutan, durian, mangga, jambu, duku, dan lainnya. Sungainya masih cukup bersih dan belum tercemar.
Di Jonggol, kita masih bisa mendengar ayam jantan berkokok, kambing mengembik, dan burung-burung berkicau.
discovery-indonesia blogspot com
Tempat penangkaran rusa di Cariu. Sumber foto: discovery-indonesia.blogspot.com
Pedesaan
Meskipun termasuk daerah pedesaan, Jonggol sudah dilintasi jalan raya yang cukup besar dan mulus, yaitu Jalan Raya Jonggol-Cariu. Jalan raya ini menghubungkan daerah Cibubur, Cileungsi, Cibarusah, dan tembus ke Jalan Raya Bandung.
Penduduk Jonggol umumnya adalah Suku Sunda. Mereka tinggal di desa-desa kecil, seperti Balekambang, Bendungan, Cibodas, Jonggol, Singajaya, Singasari, Sirnagalih, Sukajaya, Sukamaju, Sukamanah, Sukanegara, Sukasirna, Weninggalih, dan Sukagalih.  
Yap, karena tanahnya masih luas dan penduduknya masih jarang, pernah ada wacana ibukota negara akan dipindahkan di daerah Jonggol ini. Alasannya, menata kota dari awal akan lebih mudah dibandingkan menata kota yang sudah jadi seperti menata kota Jakarta sekarang.
cikarangonline com
Tempat penangkaran buaya muara, Sumber foto: cikarangonline.com
Wisata Jonggol
Akhir-akhir ini, banyak klub sepeda gowes pergi ke Jonggol untuk jalan-jalan menikmati alam pedesaan. Selain udaranya masih segar dan pemandangannya masih alami, jalanan sudah banyak yang bagus dan relatif cukup nyaman untuk bersepeda.
Jalan-jalan ke Jonggol dengan mobil pribadi juga tak kalah asyik. Kita bisa berhenti di pinggir jalan untuk menikmati pemandangan alam yang kita suka. Melihat petani menanam padi. Menikmati burung-burung bangau mencari ikan di sawah. Atau membeli kelapa muda atau buah-buahan langsung ke petani.
sukajayajonggol wordpress com
Ikutan menanam padi di sawah, Sumber foto: sukajayajonggol.wordpress.com
Saat musim rambutan dan durian, biasanya petani menjualnya di pinggir jalan. Selain harganya murah, rasa buahnya masih segar karena baru dipetik dari kebun.
Kalau sudah sampai Jonggol, jangan lewatkan untuk mampir di tempat-tempat wisata sekitar Jonggol. Kalau dari Cibubur ke arah Cileungsi, kita bisa singgah di Taman Wisata Mekar Sari dan Water Kingdom.
Dari Cileungsi, kita lanjutkan ke arah Jonggol, kemudian  ambil arah Cianjur. Di sini, kita bisa mampir ke tempat penangkaran rusa di Cariu. Kalau di jalan raya antara Cibarusah dan Bekasi, kita bisa mampir ke tempat penangkaran buaya muara.  Di Jonggol sendiri ada peternakan kambing yang patut dikunjungi, yaitu Jonggol Farm.
Nah, teman-teman sudah tahu di mana Jonggol, kan?  Sekarang… bapak mana… ibu mana… ayo kita ke… Jonggol!
Previous Post
Next Post

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung, Silahkan Tinggalkan Komentar

Popular Posts